Wednesday, September 5, 2012

Negeri Saba di zaman Nabi Sulaiman di Nusantara-KH Fahmi Basha

Beberapa dapatan kajian membuat hipotesis bahawa negeri Saba sebearnya berada di Nusantara. Hasil kajian  dari KH Fahmi Basya dan para Muridnya, mengenai kebenarannya tentu masih harus diteliti lebih lanjut secara komprehensif dan detail. (Red. Ahmad Yanuana Samantho). Beberapa bukti dinyatakan di artikel dibawah. Jika ini benar ia memberi insight kenapa Nusantara sentiasa diburu kerana kekayaan hasil buminya.  Rujuk kajian dibawah yang diambil dari Blog Bayt Al Hikmah. Kajian Sejarah: Menarik Benang Merah Indonesia Sebagai Pusat Peradaban Atlantis Dan Negeri Saba’


Indonesia selain dikenal sebagai pewaris Peradaban Benua Atlantis yang hilang, dikenal juga sebagai Pusat Peradaban Negeri Saba’

Ada pembahasan yang cukup menarik dan sekaligus sangat menggelitik pikiranku, yaitu seperti yang pernah saya baca mengenai sebuah kajian tentang “INDONESIA NEGERI SABA” yang disampaikan oleh KH. Fahmi Basya, Beliau menggambarkan begitu detil sekali berawal dari pembahasaan Al-Qur’an Surat Saba’ ayat 18 sebagai berikut:
وَجَعَلْنَا بَيْنَهُمْ وَبَيْنَ الْقُرَى الَّتِي بَارَكْنَا فِيهَا قُرًى ظَاهِرَةً وَقَدَّرْنَا فِيهَا السَّيْرَ سِيرُوا فِيهَا
لَيَالِيَ وَأَيَّامًا آمِنِينَ
Dan Kami jadikan antara mereka dan antara negeri-negeri yang Kami limpahkan berkat kepadanya, beberapa negeri yang berdekatan dan Kami tetapkan antara negeri-negeri itu (jarak-jarak) perjalanan. Berjalanlah padanya beberapa malam dan siang dengan aman.
[QS. Saba'/34: 18]
 
 

Ya sebelum membahas Negeri Saba’, silahkan baca terlebih dahulu: Fakta Ilmiah: Benua Atlantis Yang Hilang Itu Ternyata Indonesia, karena nanti kita akan menemukan benang merahnya.!
Indonesia Negeri Saba’

Ternyata berdasarkan hasil riset Lembaga Studi Islam dan Kepurbakalaan yang dipimpin oleh KH. Fahmi Basya, dosen Matematika Islam UIN Syarif Hidayatullah, bahwa sebenarnya “CANDI BOROBUDUR” adalah bangunan yang dibangun oleh “TENTARA NABI SULAIMAN” termasuk didalamnya dari kalangan bangsa Jin dan Setan yang disebut dalam Alqur’an sebagai “ARSY RATU SABA”, sejatinya PRINCES OF SABA atau “RATU BALQIS” adalah “RATU BOKO” yang sangat terkenal dikalangan masyarakat Jawa, sementara patung-patung di Candi Borobudur yang selama ini dikenal sebagai patung Budha, sejatinya adalah patung model bidadara dalam sorga yang menjadikan Nabi Sulaiman sebagai model dan berambut keriting. Dalam literatur Bani Israel dan Barat, bangsa Yahudi dikenal sebagai bangsa tukang dan berambut keriting, tetapi faktanya justru Suku Jawa yang menjadi bangsa tukang dan berambut keriting ( perhatikan patung Nabi Sulaiman di Candi Borobudur ).

Hasil riset tersebut juga menyimpulkan bahwa “SUKU JAWA” disebut juga sebagai “BANI LUKMAN” karena menurut karakternya suku tersebut sesuai dengan ajaran-ajaran LUKMANUL HAKIM sebagaimana tertera dalam Alqur’an. Perlu diketahui bahwa satu-satunya nabi yang termaktub dalam Alqur’an, yang menggunakan nama depan SU hanya Nabi Sulaiman As dan negeri yang beliau wariskan ternyata secara kebetulan diperintah oleh keturunannya yang juga bernama depan SU yaitu Sukarno, Suharto, dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta meninggalkan negeri bernama SLEMAN di Yogyakarta – Jawa Tengah. Nabi Sulaiman As mewarisi kerajaan dari Nabi Daud As yang dikatakan didalam Alqur’an dijadikan Khalifah di Bumi ( menjadi Penguasa Dunia dengan Benua Atlantis sebagai Pusat Peradabannya), Nabi Daud juga dikatakan raja yang mampu menaklukkan besi (membuat senjata dan gamelan dengan tangan, beliau juga bersuara merdu) dan juga menaklukkan gunung hingga dikenal sebagai Raja Gunung. Di Nusantara ini yang dikenal sebagai Raja Gunung adalah “SYAILENDRA” , menurut Dr. Daoed Yoesoef nama Syailendra berasal dari kata saila dan indra, saila = gunung dan indra = raja.
 
Jadi sebenarnya Bani Israel yang sekarang menjajah Palestina bukan keturunan Israel asli yang hanya terdiri 12 suku, tapi mereka menamakan diri suku ke 13 yaitu Suku Khazar (yang asalnya dari Asia Tengah) hasil perkawinan campur Bani Israel yang mengalami diaspora dengan penduduk lokal, posisi suku Khazar ini mayoritas di seluruh dunia. Sedang Yahudi asli Telah menghilang yang dikenal sebagai suku-suku yang hilang “The Lost Tribes” yang mana mereka pergi ke timur dan banyak yang menuju ke “THE PROMISED LAND” yaitu Indonesia....dan Nusantara
 
Dan kalau kita merunut lagi kembali seperti apa yang telah disampaikan oleh KH. Fahmi Basya tentang Candi Borobudur, maka akan semakin tampak jelas bahwa ketika beliau menjelaskan tentang Negeri Saba’ disitu dikatakan bahwa sebuah pemerintahan yang sangat kuat karena dipimpin oleh Nabi Sulaiman As dan Ratu Balqis dari hasil riset dengan di dukung oleh data-data yang ada, maka terbukti bahwa NEGERI SABA’ itu adalah INDONESIA dengan pusat pemerintahan di Jawa dan ARSY SABA’ yang dipindahkan atas perintah Nabi Sulaiman As adalah Candi Borobudur yang dipindahkan dari Istana Ratu BOKO, dan NEGERI SABA’ inilah yang kemudian dikatakan oleh KH Fahmi Basya ada kemiripan antara Cerita dengan BENUA ATLANTIS yang hilang itu. Dan sungguh luar biasa kalau fakta itu benar, berarti Negeri ini telah mewarisi peradaban besar bangsa-bangsa.
Kembali ke pembahasan tentang NEGERI SABA’ ada 15 (lima belas) point penting yang menjadi bukti berdasarkan Al-Qur’an bahwa SABA’ itu ada di pulau Jawa (Indonesia) dan bukan di YAMAN!
 
1. Di buku-buku Ilmu Sejarah kita disebutkan bahwa Candi Borobudur didirikan pada abad ke-7 Masehi, tetapi menurut Teori paruh waktu , bahwa penelitian terhadap batu candi tersebut tidak bisa dihitung umurnya dengan Isotop C (Carbon). Sehingga bisa ditarik Hipotesa, bahwa Candi Borobudur tidak dibuat pada abad ke-7 Masehi.

Candi Borobudur

2. Adanya phenomena angka 19 di Candi Borobudur. Adapun mengenai phenomena angka 19 itu terdapat di dalam Alqur’an berasal dari kalimat Bismillaahirrahmaanirrahiim yang terdiri dari 19 huruf. Kalimat Bismillaahirrahmaanirrahiim ini yang memperkenalkannya kepada kita adalah nabi Sulaiman As. ketika beliau berkirim surat kepada Ratu Saba’
Kop Surat dari Surat nabi Sulaiman As itu adalah kalimat Bismillaahirrahmaanirrahiim .
Isi suratnya adalah: ” Alla ta’luu ‘alaiyya, wa’tuunni muslimiin ” ( Jangan menyombong kepadaku dan datanglah kepadaku dengan berserah diri ). Dan perlu diketahui surat itu sampai sekarang masih ada yaitu di Musium Nasional berupa lempengan emas bertuliskan Bismillah, surat itu awalnya ditemukan dikolam dekat Candi borobudur.

Lempengan emas bertuliskan kalimat ‘Bismillah”
Jadi, dapat dikatakan bahwa phenomena 19 itu sudah diketahui oleh Nabi Sulaiman As. Oleh sebab itu di Candi borobudur ada phenomena 19.

Phenomena angka 19

3. Adanya phenomena posisi tiga buah candi terletak segaris lurus, yaitu: Candi Borobudur, Pawon dan Mendut.

Karena yang membuat Candi Borobudur itu bukan manusia saja, tetapi juga Jin, maka segaris lurusnya tiga candi, yaitu Borobudur, Pawon dan Mendut, bukanlah hal kebetulan. karena Jin bisa melihatnya dari atas.

Untuk apa mereka membuat ketiga candi itu segaris lurus?
Untuk membuat gambar Gerhana. Dengan demikian mereka memberitakan bahwa Borobudur itu gambar Matahari, Pawon itu gambar Bulan dan Mendut adalah gambar Bumi. Itu sebab Mendut mewakili Manusia. Disana ada sebuah patung Manusia sebagai wakil penduduk bumi adalah manusia.
Mengapa Borobudur itu gambar Matahari.? Karena Ya..si Ratu Saba’ itu dulunya kan penyembah Matahari, jadi ‘Arsy dia itu ada nuansa mataharinya.
4. Diceritakan pula di dalam Al-qur’an istananya berbentuk piring-piring dan patung-patung, sementara itu candi borobudur berbentuk piring dan banyak patung-patungnya, disinyalir patung Nabi Sulaiman As.



5. Candi Borobudur adalah peninggalan Nabi Sulaiman As. dan Indonesia adalah negeri SABA yg diceritakan Al-qur’an dalam surat As-Saba (34). karenanya ada nama daerah Sleman di DI. Yogyakarta – Jawa Tengah yang diambil dari nama Nabi Sulaiman As.

Peta Sleman DI Yogyakarta

6. Sementara itu masih di kota Jogjakarta, tepatnya di daerah Prambanan ada candi ratu Boko yang di ambil dari nama Ratu Bulqo/Bilkis.



Candi ratu Boko

Kolam Pemandian di Candi ratu Boko

7. Di dalam Qur’an Surat As-Saba tanda-tanda daerahnya ada buah pahit, sementara disekitar candi borobudur ada buah: Mojo Pahit. bahkan sebuah kerajaan besar yang pernah jaya di pulau jawa dulu rela menamakan kerajaannya dengan nama Kerajaan Majapahit.



Peta Kesultanan Islam Majapahit

8. Lalu diceritakan di dalam Al-qur’an lagi: bahwa daerah Saba’ dikelilingi dua hutan, sementara itu Borobudur disana ada daerah Wanagiri dan WanaSABA, dimana dalam kamus bahasa jawa kawi; wana = hutan, saba = pertemuan.

9. Dimana seperti dalam Alqur’an Nabi Sulaiman menggunakan dua lembar kain dan kain yang luar adalah sutra seperti patung di candi yang terdapat lipatan sutra.


10. Diceritakan lagi di Nabi Sulaiman sering beristirahat dan berlibur di pantai sebelah timur negeri Saba, sementara di sebelah timur Indonesia deket papua ada pulau Solomon, yang di ambil dari nama Nabi Sulaiman As.

11. Relief-relief di candi mengambarkan cerita tentang Nabi Sulaiman diantaranya gambar burung yang mengantar surat kepada ratu Bilkis.

Sedangkan relief yang bergambar burung berkepala manusia, memberikan penjelasan bahwa burung hud-hud tersebut bisa berbicara dengan Nabi Sulaiman.

12. Di dalam Al-Qur’an surat As-Saba’ diceritakan negeri SABA telah di azab Allah karena penduduknya kufur dan tidak beriman, yaitu berupa dengan mengirim banjir besar yang menghancurkan negeri Saba’ menjadi berkeping-keping. Karenanya hanya Indonesia-lah satu-satunya negara di Dunia yang mempunyai 17.000 pulau lebih.



13. Indonesia adalah negeri SABA yang hilang, yang oleh Plato dan para ilmuwan barat diistilahkan benua Atlantis yang hilang.

14. Diantara Ribuan jumlah para Nabi, hanya Nabi Sulaiman As yang mempunyai nama Jawa yang berawalan “SU”, sebagaimana Suparmin, Suharto, Sukarno, Supratman, Sulistyono dll.

Nama jawa (Misal: SUlistiyono)
15. Adanya angin muson di Indonesia semakin menguatkan bukti bahwa Indonesia adalah negeri Saba’.



Dan masih banyak lagi fakta-faktanya yang lain.!


Nah kalau hasil penelitian ini benar adanya, bahwa yanag dimaksud dengan Negeri Saba’ adalah Indonesia hasil peninggalan Nabi Sulaiman As dan Ratu Bulqis. Sungguh luar biasa bangsa ini, kita telah mewarisi peradaban yang mulia itersebut. Wallahu ‘alam bissawaab.



Artikel terkait: Fakta Ilmiah : Benua Atlantis Yang Hilang Itu Ternyata Indonesia, Fakta Sejarah Tersembunyi: Kerajaan Majapahit Adalah Kasultanan Islam
sumber:
http://ssq-dla.com
http://id.wikipedia.org
http://rudycoolarema.blogspot.com
http://indonesianspaceresearch.blogspot.com

12 comments:

Neutronboy said...

pendapat tuan pula, bagaimana?

Anakbukitgantang said...

Mereka yg membina Borubodur mengikut ugama Tauhid-iaitu mempercayai Tuhan Yang Esa (Satu).

Neutronboy said...

yang itu, saya x nafikan juga...

tapi perhal susur galur tu.. Bukankah sepatutnya di Yaman?

Anakbukitgantang said...

jika melihat teori Sundaland dan dapatan genetik terbaharu, maka manusia modern kelyar migrasi dari tanah tua di sini bukannya dari Afrika...rujuk beberapa artikel terdahulu dan kajian Dr Oppeheimer, Santos dan Prof Dr Mohktar Sidin.

Anonymous said...

Kerajaan Saba itu bukan terletak di Nusantara ..

Sebuah hadis sahih daripada Ibnu Abbas menjelaskan bahawa Rasulullah SAW pernah ditanya seseorang, yang bermaksud: "Apakah Saba' itu nama negeri atau nama seseorang?" Nabi menjawab, "Dia adalah manusia beranak 10. Enam tinggal di Yaman dan empat di Syam. Yang di Yaman ialah Mudzhij, Kindah, Alazad, Asa'ariyum, Anmar dan Himyar. Yang di Syam adalah Lakham, Judzam, Amilah dan Ghassan".

Anonymous said...

wah-wah hadits ini yang membantah dalil bapak ustadz

AHMAD ELHIRMANY said...

menurut hemat saya kita itu jngan langsung percaya dengan penelitian tersebut..kita harus mencari sumber dari tafsir alqur'an,hadist dan ijma' ulama tentang negri saba tersebut...dan saya cuma mau bilang "wallohu wa rosuul a'lamu bi haqiiqotul murood".

wiraintruder said...

Banyak ayat yg cuma di ambil setengah2 sehingga tampak seperti di paksa agar bisa cocok dengan artikelnya.

silahkan Crosscheck
http://quran.com/34
http://quran.com/38

Dan terjemahan juga tidak sesuai yang seharusnya.

Padahal kalau mau mengambil ayat al-quran harusnya di sajikan benar2 keseluruhan ayat tanpa memutusnya untuk tujuan apapun, karena dapat menimbulkan salah paham.

Bahaya Artikel Sesat..

Anonymous said...

Apa kaitannya daerah sabak bernam dan kawasannya di negri selangor. Adakah mempunyai kaitan juga

nuri che shiddiq said...

Allahuakbar . Allahuakbar.. Allahuakbar

Wallah.. Walillah.. Wabillah..

Promise land.. The Garden Of Eden..

Hari ini Allah maseh menjage segale tanah dimane mase mase itu berjalan.

pernahkah anda tau ada satu Ibu Kota Kabupaten di Indonesia yg tidak ada GEREJA diatas TANAH nya hingga hari ini...????????

inilah kedahsyatan Kekuasaan yang Maha Haq hanya ia yg mampu.
dan kita hari ini jangan menjadi pencandu, menpelajari islam hanya untuk tujuan masuk surga dan digolongkan sebagai orang beriman. dan sesungguhnya itulah orang yg merugi.

kalau di tempat kami Tanah Melayu disebutkan "Berbuat Tiada Tahu"... ia melaksanakan perintah islam namon tiada ia mengislamkan Khalbunya.

inilah tanah yg dijanjikan inilah tanah asal Mera atau Keturah inilah asal tanah dimana ibrahim mendapat wahyu membangun kakbah, inilah asaltanah dimana orang Bengal yg kemudian kini disebut india, dimana dipuncak gunungnya berdiri puncak yg suci dikelilingi seribu pendekar, inilah asal cerita GERODA/Garuda , inilah asal dimana Adamditempa diuji ketahanan untok menjadi manusia, dimana Alamnya nan indah bagai kebun seindah bunga negerinya, air air kluar dari celah batu lalu mengalir dan terjun mengikuti alur yg sedia ada..

Allahuakbar.. lahaulawalaquatailabillah.. marilah kita menuju hakekat, yh telah kita wujud dengan sareat, dan tiada henti kita bertarekat sehingga makrifat menjadikan hubungan kita masuk langsung mejadi para kekasih Allah..

nuri che shiddiq said...

Allahuakbar . Allahuakbar.. Allahuakbar

Wallah.. Walillah.. Wabillah..

Promise land.. The Garden Of Eden..

Hari ini Allah maseh menjage segale tanah dimane mase mase itu berjalan.

pernahkah anda tau ada satu Ibu Kota Kabupaten di Indonesia yg tidak ada GEREJA diatas TANAH nya hingga hari ini...????????

inilah kedahsyatan Kekuasaan yang Maha Haq hanya ia yg mampu.
dan kita hari ini jangan menjadi pencandu, menpelajari islam hanya untuk tujuan masuk surga dan digolongkan sebagai orang beriman. dan sesungguhnya itulah orang yg merugi.

kalau di tempat kami Tanah Melayu disebutkan "Berbuat Tiada Tahu"... ia melaksanakan perintah islam namon tiada ia mengislamkan Khalbunya.

inilah tanah yg dijanjikan inilah tanah asal Mera atau Keturah inilah asal tanah dimana ibrahim mendapat wahyu membangun kakbah, inilah asaltanah dimana orang Bengal yg kemudian kini disebut india, dimana dipuncak gunungnya berdiri puncak yg suci dikelilingi seribu pendekar, inilah asal cerita GERODA/Garuda , inilah asal dimana Adamditempa diuji ketahanan untok menjadi manusia, dimana Alamnya nan indah bagai kebun seindah bunga negerinya, air air kluar dari celah batu lalu mengalir dan terjun mengikuti alur yg sedia ada..

Allahuakbar.. lahaulawalaquatailabillah.. marilah kita menuju hakekat, yh telah kita wujud dengan sareat, dan tiada henti kita bertarekat sehingga makrifat menjadikan hubungan kita masuk langsung mejadi para kekasih Allah..

Anonymous said...

negri saba' di borobudur tepatnya di bumi segoro skrg,sabaliki/ratu balqis imigran dr mesir...